HARGA EMAS Rotating Header Image

Investasi Emas sebagai Alat Investasi dan Alat Hedging

Bagi masyarakat di Indonesia, seharusnya berinvestasi dalam emas lebih diperhatikan dibandingkan investasi lainnya dikarenakan perekonomian indonesia sering kali rentan terhadap krisis. Begitu terjadi krisis, nilai rupiah anjlok dan sebagai besar masyarakat akan kehilangan daya beli dan menurun kesejahteraannya. Secara struktural, ekonomi indonesia cukup rawan terhadap inflasi. Selalu saja ada alasan untuk menaikkan harga barang-barang pokok. Pemerintah bisa menaikkan BBM, dan pengusaha bisa menaikkan harga barang dan jasa, dan akibatnya rupiah selalu jadi kehilangan nilainnya.

Sebagai contoh berapakah nilai satu dollar AS terhadap rupiah? Jawabannya adalah bukan Rp.10.000,- melainkan Rp.1.000.000,-  sebab pada tahun sekitar 1960han, pemerintah pernah melakukan pemotongan nilai rupiah dari Rp.1000,- ke Rp.1. Kebijakan saat itu menghancurkan daya beli masyarakat, tetapi tetap ditempuh pemerintah untuk menyeimbangkan kembali perekonomian makro.

investasi emas

Karena itu, penting sekali bagi kita untuk melindungi nilai kekayaan yang sudah dikumpulkan, kalau tidak ingin menghabiskan masa tua dalam kemiskinan. Sebab, dalam jangka panjang pasti akan terjadi krisis yang merupakan siklus dari ekonomi. Dan setiap kali terjadi krisis, rupiah akan kehilangan nilainya. Entah sebagai akibat dari naiknya nilai tukar dollar AS, tergerus karena mengalami inflasi tinggi atau kedua hal tersebut terjadi bersamaan.

Memilih berinvestasi dalam emas adalah salah satu cara efektif untuk melindungi kekayaan kita. Orang membeli dan menyimpan kekayaan dalam emas untuk mengamankan daya belinya, bukan untuk mendapatkan imbah hasil yang paling tinggi. Peluang investasi tinggi tetap pada jenis investasi seperti saham, walaupun resikonya juga tinggi untuk berinvestasi dalam saham.

Emas sebagai alat investasi yang bertujuan untuk perlindungan nilai aset juga mirip dengan properti. Keunggulan emas adalah lebih mudah dan lebih cepat untuk diuangkan, dan nilai investasinya relatif lebih kecil. Namun, baik emas maupun properti sama-sama efektif sebagai penakluk inflasi.

Emas sebagai alat hedging, tentu saja berinvestasi di emas tidak menjanjikan return besar dalam jangka pendek seperti saham. Tapi return dalam emas relatif stabil, hanya saja kalah mengairahkan bila dibandingkan dengan saham. Emas cenderung lebih tepat untuk hedging dari pada investasi, walaupun bisa juga berfungsi sebagai keduanya sekaligus.

Dan untuk investasi dalam emas, membeli emas lalu menjualnya kembali tidak disarankan dilakukan untuk periode jangka pendek (satu tahun atau kurang) karena keuntungannya tidak maksimal.

Sudahkan Anda berinvestasi dalam emas hari ini? Mari ber investasi emas

60 Comments

  1. Solichin says:

    Apa sih bedanya emas HK, antam dan LM , hususnya yang saya ingin tau adalah HK..

  2. novita says:

    dimana toko emas yang jua antam (bukan bank syariah lhooooooo), sy sudah keliling toko mas jogja kebanyakan merek lain

  3. lan says:

    bos dimana ya investasi emas online yg aman?

  4. Shizuka Pinku says:

    klo harga emas wkt thn 1960 berapa yak per gramnya ? mksh jwbn sebelumnya

  5. D`yon Sihotang says:

    Kami tertarik dengan investasi Emas…tapi karna masih awam tentang investasi tersebut mohon informasinya kalo di semarang Cabang PT ANTAM di jalan apa ya?Makasih.

  6. D`yon Sihotang says:

    Kami mau ikut Invest LM,klo di Semarang Kantor cabang PT ANTAM di mana y ? Mksh.

  7. VIVIO says:

    hati2x dgn tekhnik menggadaikan emas di bank/penggadaian syariah tanpa dipikirkan dgnmatang2x & pny perencanaan. semua bisnis pasti mengandung resiko. jgn hanya mempertimbangkan aspek kebaikannnya seperti by titip yg relatif rendah & bisa top up kalo harga emas lg naik. ingat harga emas cendrung fluktuatif tdk serta merta langsung naik.
    Ingat saat harga emas turun kita menghadapi resiko, by titip yg semakin bengkak tanpa diimbangi kenaikan hrga emas.

  8. Sahkukami says:

    Saya punya beberapa keping emas batangan tanpa sertifikat. Kalau mau dilengkapi dengan sertifikat harus mengurusnya kemana ? Apakah harus ke antam ? Berapa biayanya ? ?Trims.

  9. Ari Vigrx says:

    Emas sebagai alat hedging, tentu saja berinvestasi di emas tidak menjanjikan return ?

  10. heru saharto says:

    Wah selama ini ivestasi yang tak pernah RUGI adalah TANAH.bila kita melalui prosedur yang bener selama ini hanya tanah yang tak pernah rugi saya alami.

Leave a Reply