HARGA EMAS Rotating Header Image

Investasi Emas sebagai Alat Investasi dan Alat Hedging

Bagi masyarakat di Indonesia, seharusnya berinvestasi dalam emas lebih diperhatikan dibandingkan investasi lainnya dikarenakan perekonomian indonesia sering kali rentan terhadap krisis. Begitu terjadi krisis, nilai rupiah anjlok dan sebagai besar masyarakat akan kehilangan daya beli dan menurun kesejahteraannya. Secara struktural, ekonomi indonesia cukup rawan terhadap inflasi. Selalu saja ada alasan untuk menaikkan harga barang-barang pokok. Pemerintah bisa menaikkan BBM, dan pengusaha bisa menaikkan harga barang dan jasa, dan akibatnya rupiah selalu jadi kehilangan nilainnya.

Sebagai contoh berapakah nilai satu dollar AS terhadap rupiah? Jawabannya adalah bukan Rp.10.000,- melainkan Rp.1.000.000,-  sebab pada tahun sekitar 1960han, pemerintah pernah melakukan pemotongan nilai rupiah dari Rp.1000,- ke Rp.1. Kebijakan saat itu menghancurkan daya beli masyarakat, tetapi tetap ditempuh pemerintah untuk menyeimbangkan kembali perekonomian makro.

investasi emas

Karena itu, penting sekali bagi kita untuk melindungi nilai kekayaan yang sudah dikumpulkan, kalau tidak ingin menghabiskan masa tua dalam kemiskinan. Sebab, dalam jangka panjang pasti akan terjadi krisis yang merupakan siklus dari ekonomi. Dan setiap kali terjadi krisis, rupiah akan kehilangan nilainya. Entah sebagai akibat dari naiknya nilai tukar dollar AS, tergerus karena mengalami inflasi tinggi atau kedua hal tersebut terjadi bersamaan.

Memilih berinvestasi dalam emas adalah salah satu cara efektif untuk melindungi kekayaan kita. Orang membeli dan menyimpan kekayaan dalam emas untuk mengamankan daya belinya, bukan untuk mendapatkan imbah hasil yang paling tinggi. Peluang investasi tinggi tetap pada jenis investasi seperti saham, walaupun resikonya juga tinggi untuk berinvestasi dalam saham.

Emas sebagai alat investasi yang bertujuan untuk perlindungan nilai aset juga mirip dengan properti. Keunggulan emas adalah lebih mudah dan lebih cepat untuk diuangkan, dan nilai investasinya relatif lebih kecil. Namun, baik emas maupun properti sama-sama efektif sebagai penakluk inflasi.

Emas sebagai alat hedging, tentu saja berinvestasi di emas tidak menjanjikan return besar dalam jangka pendek seperti saham. Tapi return dalam emas relatif stabil, hanya saja kalah mengairahkan bila dibandingkan dengan saham. Emas cenderung lebih tepat untuk hedging dari pada investasi, walaupun bisa juga berfungsi sebagai keduanya sekaligus.

Dan untuk investasi dalam emas, membeli emas lalu menjualnya kembali tidak disarankan dilakukan untuk periode jangka pendek (satu tahun atau kurang) karena keuntungannya tidak maksimal.

Sudahkan Anda berinvestasi dalam emas hari ini? Mari ber investasi emas

60 Comments

  1. etikush says:

    “Sebagai contoh berapakah nilai satu dollar AS terhadap rupiah? Jawabannya adalah bukan Rp.10.000,- melainkan Rp.1.000.000,- sebab pada tahun sekitar 1960han, pemerintah pernah melakukan pemotongan nilai rupiah dari Rp.1000,- ke Rp.1″

    kayaknya jadi 10.000.000,- deh

  2. Drs.Asmuni. says:

    Kekhawatiran kami dalam berinvestasi dalam emas :
    1. Pengamanan emas yang maksimal, di mana atau bagaimana ?
    2. Butuh waktu lebih banyak jika hendak melakukan pencairan.
    Itu saja yang terdetik dalam benak kami sementara ini. Mohon solusi yang baik. Terimakasih

  3. harga emas says:

    Bila punya emas dalam jumlah banyak bisa di safe deposit box.
    Bila punya emas dan mau dicairkan jadi uang, tinggal menjualnya ke toko emas. Atau bila emas tersebut digadaikan , tentunya tinggal ditebus gadainya.

  4. saya berinvestasi emas demi tujuan jangka panjang seperti ibadah haji dan pendidikan anak, karena untuk jangka pendek emas sangat rentan untuk jatuh harganya

  5. ali ridho says:

    emas 24 karat apa mempunyai harga yang berbeda-beda? mohon jawabannya.

  6. harga emas says:

    Emas 24 karat itu adalah emas batangan. Harga berbeda-beda tergantung penjualnya. Penjualnya bisa ANTAM, Toko emas atau pribadi yang jual emas.

    Pelajari di http://tinyurl.com/belajarinvestasiemas

    Terima kasih

  7. Imam says:

    Kalau punya emas btngan tp peninggalan orang tua dan tidak ada surat2nya gmn apa bs dijual?Lo bs kemana?

  8. harga emas says:

    Bisa dibawa ke toko emas coba ditawarkan. Harga bisa diskon dari harga emas rata-rata atau ada juga yang tidak mau menerimanya.

    Terima kasih

  9. surya says:

    Bos, kalo mau jual emas or beli emas lebih baik ke mana..?? toko emas or antam???

    trims…

  10. harga emas says:

    Lewat toko emas saja.

  11. mardiana jasmi says:

    sy masih kesulitan untuk akses tata cara dalam investasi program ini. Mohon penjelasannya

  12. merry says:

    maaf, knapa lebih baik beli ketoko mas dari pada antam ?

  13. merry says:

    maaf, knapa lebih baik kita beli ditoko emas dibandingkan antam ?

  14. harga emas says:

    Karena harga saja.

  15. Rahmadsyah says:

    asslmlkm
    bos saya pernah daftar untuk tahu bagaimana cara berinvestasi emas, tapi saya belum krm dana, karena kesibukan.
    apakah saya harus daftar ulang ? Tks
    Rahmadsyah

  16. nixon says:

    klo untk inves bagus beli yg batangan ( cuma kuitansi toko) atau yang bersertifikat ( Antam )? ktnya harga batangan dengan dgn yg bersertifikat beda , apa betul ???? sebabya kenapa beda

  17. harga emas says:

    Anda bisa daftar lagi di http://tinyurl.com/belajarinvestasiemas

  18. harga emas says:

    Bila Anda beli di toko, beli emas batangan yang sertifikat ANTAM dan juga minta kwitansinya.

  19. kendy says:

    apa benar nilai emas akan selalu naik setiap tahunnya ? makasi

  20. kendy says:

    apa benar nilai emas akan naik setiap tahunnya? makasi

  21. Dilihat dr historisnya emas selalu naik tiap tahun.Namun klo htgan blnan emas sll berfluktuasi dulu naik trn.Tp kecendrunganya emas akhirnya naik.

  22. Rio Widodo, S.E. says:

    Memang Masih banyak yg belum mengenal emas sebagai pilihan terbaik investasi dalam melindungi nilai kekayaan. Jangan kan saya pribadi orang yang terbilang masih awam, rekan-rekan saya yang bergelut di dunia perbankkan saja masih cenderung berinvestasi dalam bentuk tabungan, deposito dan surat berharga lainnya, mereka masih ragu dan cenderung mengatakan emas kurang liquid atau liquiditasnya masih rendah. saya maklum tentang hal itu karena teman-teman saya bekerja di lingkungan Perbankkan yang masih konvensional yang mereka pahan hanya Uang KARTAL dan GIRAL. Dalam hal ini perbankkan yang cenderung lebih mengenal investasi emas adalah perbankkan Syariah. Kepada pakar-pakar EMAS saya berharap agar Sosiasalisi mengenai emas harus lebih intensif lagi. Kita mereview sejenak ke belakang, dari dulu.. jaman Eyang, mbah kakung kita sebenarnya tanpa sadar atau pun sengaja beliau-beliau itu sudah paham dengan berinvestasi cuma belum sedetail kita saat ini. yang beliau pikirkan adalah ketika beliau ada lebih dari hasil kerja ataupun berniaga beliau harus punya simpanan tabungan. saat itu juga dunia perbankkan belum semaju dan sepopuler saat ini. karena itu beliau menyisihkan hartanya dalam bentuk tabungan emas, sawah, ladang.. dan sekarang terkenal dengan istilah property. bagi rekan-rekan yang gemar berinvestasi saya memerlukan masukan dari rekan-rekan semua. silahkan rekan-rekan bisa meng Add Facebook saya di alamat “rio widodo”. Ok.. terima kasih untuk waktu dan kesempatan bersharingnya. Nice to meet you.

  23. Rio Widodo, S.E. says:

    Advice dari saya bila rekan-rekan sekalian ingin berinvestasi EMAS lebih baik dalam bentuk batangan atau LM Logam Mulia atau Dinnar Emas / Dinnar LM tentunya yang memiliki sertifikat. di Indonesia bersertifikat dari PT.ANTAM ‘Aneka Tambang’. karena dalam proses jual tidak mengalami penurunan harga yang drastis dari biaya bikin serta biaya ini itu. biasanya pemotongan biaya dalam emas bentuk perhiasan. OK.. Gitu saja deh.

  24. Rio Widodo, S.E. says:

    Emas memang handal, terbukti ketika terjadi krisis moneter di dunia. emas memiliki nilai yang stabil. bagi para pengusaha, investor apabila memiliki dana cadangan yang terbilang dana tidur untuk jangka waktu setidaknya 3, 5, sampai 10th kedepan. saran saya untuk melindungi nilai atau hedging modal anda, berinvestasilah di EMAS. Emas yang bersertifikasi tentunya. Juga bagi bapak-ibu yang menginginkan kemudahan dalam perencanaan biaya pendidikan sekolah untuk putra-putri tercinta. misal persiapan biaya kuliah 5 sampai 10th kedepan, setidaknya perbulan sisihkan sebagian dari kelebihan penghasilan bapak-ibu untuk diinvestasikan dalam bentuk emas 5-10gram. seminim-minimnya ya 1gram perbulan, tentunya tergantung standar pembiayaan untuk biaya kuliah 5-10th kedepan. Mengikuti Asuransi dana pendidikan juga tidak ada salahnya, sebaiknya investasi ini dilakukan dengan pembayaran premi dicicil tidak mesti dibayar dimuka. perhitungannya sangat berbeda semisal premi Asuransi dana pendidikan total 15 tahun Rp.100Jt dibayar dimuka, dengan hal yang sama kita bandingkan dengan membeli emas 3 Ons dengan nilai yang sama diwaktu yang bersamaan untuk 15th kedepan biaya pendidikan, hasilnya tentu akan berbeda. ternyata nilai emas masih diatas nilai asuransi. Ini hanya berdasarkan pengalaman dan estimasi saya dari beberapa ahli dalam berinvestasi. dalam hal ini untuk kebutuhan dan keperluan sehari-hari ya tentunya uang Kartal kita perlukan. yang perlu kita pelajari dalam hal ini adalah mengenal nilai sekarang dan nilai yang akan datang ‘PV = Present Value & FV = Future Value’ faktor-faktor lain yang mengikuti adalah Faktor bunga / interest factor, standar penyimpangan atau standar deviasinya. Saya berinvestasi juga di Logam Mulia/ LM dan Dinnar Emas/LM. tahun 2009 lalu sebelum Ramadhan dan setelah bulan Syawal saya membeli dinar emas seharga Rp. 1.330.000 an dan Menjelang bulan Haji harga dinar emas dipasaran mencapai Rp. 1.490.000,- sampai dengan Rp.1.550.000,- an perDinnar Emas. pada bulan Haji kenaikan harga Dinnar Emas bahkan bisa mencapai Rp.10.000,- perhari. Terimakasih untuk waktu yang telah diluangkan untuk membaca cetakkan Laptop saya ini. Silahkan Anda buktikan sendiri…. !!!

  25. ardha says:

    menanam jabon,bagaikan menanam emas

  26. jabon says:

    saya rasa bisa jadi alternatif investasi yang menguntungkan

  27. marly says:

    ada yang pernah mengamati tren harga emas sebelum dan setelah bulan haji? tahun ini kayanya menjelang bulan haji emas naik ya? trus kira2 habis bulan haji harganya turun ga ya?

  28. eka sutria says:

    klo dibatam pt antam dimana ya?
    apa bedanya beli di antam dengan di pegadaian syariah

  29. itha says:

    lebih baik beli emas batangan di pegadaian syariah atau di toko emas ya? sekarang khan di pegadaian ada produk mulia….

  30. Lies Raharti says:

    Bila menjual emas batangan dalam kondisi harga lagi naik,kemudian akan membeli emas batangan kembali sebaiknya pada waktu kapan ?(harga sedang turun,secara statistik harga emas cendrung selalu naik )
    Biasanya trend kenaikan harga emas bisa dilihat pada saat kapan ?
    kalau harga emas selalu naik,berarti tetep dong kita kapan belinya lagi !

  31. buy appesat says:

    Kebetulan saya tinggal di kuwait, apakah aman membeli emas di sini dan dikemudian hari menjualnya di tanah air… saya dengar emas di sni lebih baik kadarnya satu karat dari pada indonesia. mohon pencerahannya

    Salam

  32. siti says:

    saya mau nanya apakah emas batangan mudah di jual kembali dimana aja
    jika kita invest untuk 3 atau 5 tahun mendatang
    apakah bisa diterima oleh semua toko jika kita mau jual emas batangan itu
    terima kasih

  33. Saya mau tanya ada perbedaan ga klw kita beli LM yang produksi lama dengan yang baru karena kodenya kan berbeda. thx

  34. Aneka Tambang Bisah Bantu Kami Modal Kerja Samakah Supaya Kita akan Investasi Pertambangan Emas diPropinsi papua dan Khusus nya di daerah Saya di paniai Nabire dan Siriwo Daerah Pusat Mas Murni 24 Kraate. salam balas dengan Jefri Kayame

  35. zed says:

    bagaimana kalau inves dalam bentuk DINAR atau DIRHAM ?

  36. eazol says:

    kalo digade di bank syariah pasti untung untuk jangka 1 tahun? hitungane kayae kok gamasuk?

  37. lebih baik, kita seharusnya bisa berinvestasi dengan menggunakan nilai riil dari emas.
    dengan berinvestasi melalui deposito emas kita cukup menggunakan initial margin yang rendah sekitar 10% saja. sistim trading ini saya rasa sangat menguntungkan mengingat harga emas walaupun berfluktuasi namun menunjukkan data historis kenaikan sekitar 20% per tahunnya. oleh karena itu sangat disarankan untuk berinvestasi emas dalam jangka panjang. jika anda membeli emas fisik, akan sangat beresiko akan hal penyimpanan, dan ketika sewaktu2 anda membutuhkan dana akan sedikit sulit untuk dapat menjualnya dalam waktu singkat, lagipula harga jual emas di pasaran (toko) mengikuti harga lokal, bukan harga secara global. more info: ahirera@yahoo.com

  38. harga emas saat ini mencapai 1381.15 per Oz dan akan cenderung naik. mungkin kita akan sedikit kwatir untuk membeli emas diharga yang cukup tinggi sekarang ini, namun jangan pernah lupa bahwa dalam sejarahnya harga emas tidak pernah turun dalam jangka waktu yang lama, sebaliknya penurunan harga emas hanya akan terjadi dalam waktu singkat dan berikutnya akan selalu disusul dengan kenaikan harga emas yang melebihi harga sebelumnya. jadi kesimpulannya, kapanpun dan diharga berapapun anda membeli emas tetap akan memberikan nilai lebih dalam investasi anda. more info: ahirera@yahoo.com

  39. [...] perusahaan-perusahaan besar melindungi aset bisnisnya? Mereka memiliki cara melindungi aset dengan hedging. Sebagai contoh saja, misal perusahaan tersebut memiliki hutang dalam bentuk valuta asing yang [...]

  40. kalo beli emas batangan di saudi tapi gak ada sertipikatnya bagaimana kalo di jual di indonesia apa mempengaruhi harga jual?

  41. saya sudah coba investasi emas mulai bulan januari 2011…tapi bulan-bulan setelah itu ko harga emas malah turun terus walaupun fluktuatif dan belum mencapai harga ketika saya beli dulu. bagaimana ini????? sementara saya harus bayar sewa tempat ke bank. mau untung malah merugi!!!!! saya mohon saran apa emas saya jual saja dengan resiko merugi atau dipertahankan sementara sewa tempat semakin membesar dan kita tidak tahu apa yang akan terjadi dengan harga emas nanti????? tolong diberi saran karena saya bingung sekali!!!!!!!!!

  42. apakah ada potongan harga lagi saat menjual emas batangan? terima kasih..

  43. harga emas batangan di toko mas dibandingkan dengan antam selisih ga? kalupun selisih ira2 brapa persen?

  44. Bos, ada ga risiko kalo kita berinvestasi emas? nuhun bos atas jawabannya.

  45. bos saya ada beberapa pertanyaan ,
    1. keuntungan dan kerugian kalo jual emas ke PT.ANTAM dan jual emas ke toko emas.
    2. kalo saya punya emas dengan harga lebih dari 200 juta apakah mudah untuk menjualnya.

    Nuhun bos atas jawabannya.

  46. saya sudah berapakali kirim email utk berkebunemas tapi tdk pernah dijawab , sebenarnya kalau berkebun emas untung tdk sih apalagi sekarang harga emas naik turun kemarin sya 2x beli harganya naik eeh taunya sekarang turun jadi degdekan juga. trus tip menggadai itu apa yah , saya baru kali ini ikut gadai.dan jurus kebunemas sangat bagus and saya baru memulainya budah-mudahan sukses

  47. kalo alamat Antam di bandung dimana ?

  48. Saya juga baru kenal dengan investasi emas, kemarin baru saja beli emas batangan dengan merk HK (toko mas kranggan jogja) seberat 25gr, tapi setelah di itung2, toko emas tb membeli kembali dengan harga potongan 300 rb. Lumayan banyak, saya mau tanya, emas batangan 24K yang potongannya sedikit apa ya? kemarin juga pernah tanya di toko mas semar, penjualnya bilang per gramnya di potong Rp.4000,- jadi per 25gr nya cuma kena potongan Rp. 100.000,-

    Ada saran lain??

  49. Anditz says:

    saya juga baru saja mengenal emas pada saat saya bekerja di gadai emas milik salah satu bank syariah di indonesia.
    saya ingin mencoba menambahkan, keuntungan kita menjual LM (logam mulia 24k) ke toko emas daripada ke antam. hal ini dikarenakan antam memiliki nilai buyback yang relatif lebih rendah apabila dibandingkan dengan toko emas yang berani bersaing dengan harga yang sedikit lebih tinggi.

    apabila memiliki perhiasan, sebaiknya dipikirkan lebih lanjut apabila hendak dijual di toko emas, hal ini dikarenakan untuk perhiasan, toko emas cenderung menghargai dengan harga lama + lagi dipotong 10%.lebih baik untuk perhiasan ketimbang dijual lebih baik digadaikan saja ke tempat2 yang dapat menggadaikan emas seperti bank2 syariah, ataupun pegadaian.

    untuk harga acuan antam dapat dilihat logammulia.com
    untuk standar harga emas harian dapat dilihat di kitco.com atau geraidinar.com

    memilih emas sebagai alat pelindung dan kekayaan sangatlah tepat. emas, investasi anti inflasi.

    sekedar info, Bank Indonesia juga sudah menganggap emas itu liquid, kapanpun butuh dana, bisa dicairkan dengan jaminan emas. jadi jangan berpikir susah menjual emas, apabila ingin menjual emas ke toko, lihat dulu harga emas harian di situs2 tadi, agar tidak dipermainkan oleh toko emasnya.

  50. Solichin says:

    Untuk save deposit box itu dimana ? apa di setiap bank? Biaya titipan di S.D.Box untuk banyak dan sedikit apa ada bedanya ? Klo saya gak punya NPWP beli di toko saja apa ada faktor negatifnya.
    Matur nuwun Mas

Leave a Reply