HARGA EMAS Rotating Header Image

Tips Membeli Emas Batangan, Emas Perhiasan dan Emas Putih

Seperti kita ketahui dari beberapa jenis logam mulia, emas merupakan logam mulia yang paling banyak dicari dan digemari. Karena emas selain bisa digunakan sebagai sarana investasi dan lindung nilai harta Anda dari pengaruh inflasi, emas pun bisa digunakan sebagai perhiasan (dipakai). Dan untuk memulai membeli emas, tentunya Anda harus mengetahui tujuan Anda dalam membeli emas tersebut, apakah untuk investasi atau untuk dipakai?. Bila untuk investasi belilah emas batangan atau emas koin, dan bila untuk dipakai tentunya beli emas perhiasan yang Anda sukai. Lalu bagaimana tips cerdas membeli emas batangan, emas perhiasan dan emas putih? Bisa Anda baca tips berikut:

Tips Cerdas Dalam Membeli Emas Batangan, Emas Perhiasan dan Emas Putih

1. Pertama lihat kurs harga emas saat ini
Tentunya sebelum membeli emas, Anda bisa mengecek berapa harga emas pasaran hari ini, bisa melalui surat kabar, website Harga-Emas.com, website pegadaian di Pegadaian.co.id ada menu dihalaman utamanya tentang harga emas sekarang, bertanya ke toko emas atau menghubungi bagian penjualan PT.Logam Mulia yang merupakan divisi dari PT. Antam Tbk – produsen emas di Indonesia, pada tiap hari kerja senin sampai jumat di logammulia.com. Dan bila Anda membeli emas hari sabtu atau minggu tentunya Anda bisa mencari informasi patokan harga emas hari jumat sorenya.

2. Perhatikan keadaan emas yang Anda beli
Bila yang Anda beli adalah emas perhiasan untuk dipakai, tentunya Anda bisa memilih model yang disukai dan juga perhatikan keadaan perhiasan emasnya, masih bagus atau ada cacatnya.

Bila yang dibeli perhiasan emas yang ada permatanya, perhatikan permatanya apakah ada cuil, goresan dan lainnya, karena tentunya bila Anda menjualnya kembali, toko emas akan mengeceknya dahulu dan mempengaruhi harga jualnya.

Bila yang dibeli adalah bentuk gelang dan kalung, pilihlah kunci gelang atau kunci kalung yang buatan mesin, yaitu yang berbentuk hurus S atau disebut dengan toogle. Sedangkan kunci yang buatan tangan biasanya bentuknya pencet-pencetan dan terkadang menjadi lemah bila sudah sering dipakai (buku tutup) dan sudah berumur lama.

Dan lihat juga tampilan emasnya, belilah emas yang bersih sekali, karena kadang-kadang ada warna hijau pada pori-pori bagian tertentu. Mungkin saja toko penjual perhiasan bilang ini adalah hal biasa, tapi sebenarnya tidak, emas ini belum dicuci dengan benar. Di emas tersebut masih tertinggal sisa kimia yang bisa menyebabkan alergi pada kulit orang pemakainya, yang menyebabkan gatal-gatal, dll.

3. Tanyalah  Kadar kemurnian Emasnya
Berikut adalah Kadar kemurnian Emas menurut standar internasional:
- Emas 24 karat adalah emas murni (99.99%)
- Emas 22 karat memiliki komposisi 91.7% emas dan dicampur bahan lain 8.3%, biasanya bahan perak
- Emas 20 karat memiliki kompoisis 83.3% emas
- Emas 18 karat memiliki komposisi 75% emas
- Emas 16 karat memiliki komposisi 66.6% emas
- Emas 14 karat memiliki komposisi 58.5% emas
dan emas 9 karat memiliki komposisi 37.5% emas

Tapi karena kita tinggal di indonesia, standar kadar emas di toko emas di indonesia agak berbeda. Emas 24 karat adalah 90% emas, Emas 23 karat adalah 70% emas, emas 22 karat adalah 40% emas dan yang lainnya.

Bisa dilihat ada selisih karat yang jauh berbeda. Sistem jual beli emas di pasar kita (pasar tradisional – toko emas) memang cukup memprihatinkan karena tidak ada sistem dan standar yang menjadi konsistensi harga, berat maupun kadarnya.

Lalu bagaimana dengan membeli emas putih? Emas putih merupakan emas murni yang dicampur bahan logam lain yang memiliki kadar yang berbeda-beda, biasanya hingga 70%. Ada yang bilang emas putih itu adalah platinum, tapi karena harga platinum mahal sekali, maka di indonesia jarang sekali yang menjualnya.

Nah pilihanya, bila tujuan Anda adalah investasi, belilah emas batangan atau koin emas yang berstandar international dan pastikan ada sertifikatnya. Lihat contoh pada gambar.

emas bersertifikat

Lalu dimana tempat untuk membeli emas batangan dengan kadar 99.99% bersertifikat? Anda bisa membelinya diprodusennya PT.Logam Mulia – divisi penjualan emas PT.Antam Tbk, bisa dilihat melalui websitenya logammulia.com atau bisa melalui Tempat Pegadaian, dan juga toko-toko emas yang menjualnya.

4. Simpan nota pembelian emasnya karena akan diperlukan bila akan dijual kembali.
Hal ini dikarenakan tidak semua pembeli emas, baik dijual ditoko atau ditempat lainnya, ahli dalam menentukan kadar emas tersebut. Karena untuk mengecek kadar emas memerlukan waktu dan teknologi yang belum tentu tersedia di tempat Anda menjualnya. Dan bila mungkin, jual-lah emas kembali di tempat Anda membelinya, karena tentunya akan lebih mudah dan tidak ada banyak pertanyaan seputar emasnya.

Nah berapakah nilai emas saat dijual?
Tergantung dimana Anda menjualnya, bila di Pegadaian mereka menggunakan sistem gadai, maka emas Anda hanya dinilai hingga 90% dari kurs beli pegadaian saat itu.
Bila ditoko emas, biasanya dipotong Rp.5000/gram dari harga beli. Dan bila di PT.Logam Mulia – Divisi penjualan emas PT.Antam.Tbk, Anda bisa melihat di website logammulia.com untuk harga beli kembali per-gramnya.

Nah sekarang Anda sudah dibekali tentang tips membeli emas, sudahkah siap berinvestasi emas? Pelajari cara cerdas investasi emas dengan mengklik link ini.

125 Comments

  1. harga emas says:

    Kami tidak membeli platinum

  2. Ashadi says:

    trus bagaimana caranya saya dapat membeli emas batangan tersebut, sedangkan saya berada/tinggal di sulawesi selatan, tidak dapat membeli langsung ke PT.Logam Mulia – divisi penjualan emas PT.Antam Tbk, mohon penjelasannya ??? Terima Kasih

  3. wawa says:

    Kalau mau jual kembali, apakah harganya tergantung dengan harga pada hari tersebut, atau sesuai dgn harga ketika membeli emas tersebut??

  4. yulhendri says:

    untk di riau kta beli emas btangan dimana? Mhon penjelasannya..

  5. qui lesehan says:

    bila harga emas $1.200 per troy ons, berapa harga per gram/rupiah? bagaimana cara hitungnya(rumusnya) ? terima kasih.

  6. Ina says:

    Di kota Banjarmasin, dimana saya bisa beli emas batangan. Mohon informasinya… Thanks

  7. RIO WIDODO, S.E. says:

    Perbedaan Emas dan Emas Putih atau Platina biasa dikenalnya.
    Yang disebut emas memang yang berwarna kuning muda atau kuning tua/tembaga agak kemerah-merahan. tapi jangan salah sebagian besar emas pada lapisan batu luar rata-rata saat pertama diproses warnanya masih putih keperakan atau seperti crhome, dengan kadar emas yang terkandung didalamnya berkisar 10-60% dengan lain kata apabila dari 100 grm emas mentah 10-60 gram nya emas dan sisanya kandungan logam lainnya seperti perak. akan tetapi melalui proses pengebosan/pembakaran atau juga pemurnian akan memperoleh warna emas kekuningan. Soal Emas Putih itu Platina atau bukan itu tergantung kejujuran publik saja.. karena sampai saat ini saya pun belum paham. terima kasih.

  8. pray says:

    harga perhiasan per gram dari setiap kadarnya.tolong di postkan!!!!setiap harinya.

  9. jabon says:

    ya,,menanam jabon memang bagaikan menanam emas juga

  10. MaiL says:

    Saya juga pengen invest tapi gak punya modal besar, makanx pengen invest seperti koin emas yang 5g aja dulu tapi saya bingung mau cari dimana??cz kota saya lumayan jauh di Sulawesi Tengah,Apa ada alamat yg bisa sy hubungi..???

  11. feliks says:

    1st question : saya mau membeli emas di Toko perhiasan di Pusat2 perbelanjaan/ mall.apakah itu bagus atau lgs ke Antam . 2nd ques.: saya punya emas 50grm, rencana mau beli 100grm apakah bisa menukar tambah nya, dan penjelasan apabila bisa dengan Harga yg berlaku. 3rd ques: nilai inves emas ,emas putih. Yg mana lebih aman utk jangka panjang.

  12. harga emas says:

    Untuk beli emas batangan, Anda bisa beli di toko emas di daerah Anda.

    Pelajari cara kebun emas di: http://tinyurl.com/belajarinvestasiemas

    Terima kasih

    Admin

  13. jaka says:

    saya sangat tertarik untuk investasi emas, dimana saya harusmembeli emas batangan

  14. susi says:

    klo emas putih.buat lamaran yang bagus berap karat?…sekarang harga per gram berapa?..

  15. Ali Sugiono says:

    Kalo kita menggadaikan emas di Pegadaian selain biaya penitipan sekian rupiah per gram per bulan apakah Pegadaian juga memberikan bunga dari uang yang dipinjamkan kepada kita ??. Terima kasih

  16. firnadi says:

    Saya berada di Pontianak Kalimantan Barat..saya sangat tertarik untuk memulai berinvestasi dgn emas. bagaimana cara saya membeli emas dari PT. Logam Mulia ini? Sedangkan di toko2 emas di kota saya semuanya tidak mau menjual emas dalam bentuk mentah.

  17. poetra says:

    dimana harga emas yg murah ya….u/memulai investasi

  18. bagaimana caranya saya dapat membeli emas batangan tersebut, sedangkan saya berada/tinggal di kalimantan timur, tidak dapat membeli langsung ke PT.Logam Mulia – divisi penjualan emas PT.Antam Tbk, mohon penjelasannya ??? Terima Kasih,dan dimana mengadai emas tersebut apa dibank atau dipegadaian???

  19. Kalo skrg beli emas batangan katakan Rp.440.500/gram, apabila kita jual kembali satu bulan berikutnya di tempat kita membeli akan dihargai berapa?

    Cara menyimpan di rumah yang paling baik bagaimana? apakah ada cover atau bungkus khusus supaya warma, fisik dan unsur lainnya tdk merusak kondisi emas batangan seperti waktu kita membelinya.

  20. Revitol says:

    apakah sy bisa langsung membeli mas batangan di PT.logam mulia?smtara sy tinggal di sulawesi tengah?

  21. krn sy bekerja di HK,kl ingin invest bl emas koin/batang disini,kl sy bw plg ke Indonesia,kira2 menguntungkan ngga y?

  22. pet vitamin says:

    emas batangan 25 gr apakah bisa di jual per 5 gr ?

  23. Ailove says:

    info yang bermanfaat. saya sih selama ini hanya membeli perhiasan lapis emas saja, jadi harga emasnya nggak terlalu jadi masalah.

  24. oxyhives says:

    klo mau beli emas batangan spt contoh diatas dpt dilakukan dipegadaian terdekat dit4 tinggal anda..
    Bagi yg ingin invest emas dlm jumlah kecil berupa perhiasan bisa ditanyakan dipegadaian krn tiap bulannya dilaksankan pelelangan 2x,..

  25. sejak msh sklh hingga skrg sy pmkai emas murni 24 k kalo tdk emas murni kulit lgsg meradang kmerah2an. untk itu slain bt perhiasan sy sgt ingn m’inves emas btgn spti yg ne2k sy lakukan. tapi bgmn, d mana, brp…smtr sy pnya ank gds yg sgt m’sukai phiasn emas 24k tsb! ada yg bs bntu???

  26. Kalau bisa diinfokan di Banda Aceh dimana bisa beli emas batangan atau koin emas ? Saya sudah tanya beberapa toko emas, tapi semua bilang gak ada yg jual. Jadinya saya beli aja cincin yg gak banyak ukirannya, biar gak kena biaya pembuatan yg besar.

  27. Lengkap banget nih infox… Kebetulan saya sedang berfikir untuk membeli emas batangan…
    Terima kasih banget info hebatx… :)

  28. selain dari PT.Aneka Tambang. Beli emas jg bisa di pesan melalui Perum Pegadaian d kota anda. Coz,selain gadai konvensional,Perum Pegadaian jg kerja sama dgn PT.Antam TBK (sesama BUMN) untuk mendistribusikan emas. Untukketerangan lbh lanjut silahkan hubungi kantor Perum Pegadaian di kota anda.
    Best Regrets

  29. [...] untuk investasi dalam emas, membeli emas lalu menjualnya kembali tidak disarankan dilakukan untuk periode jangka pendek (satu tahun atau [...]

  30. bagai mana cara mengetahui emas asli ama emas palsu soalny sekarang marak penipuan????

  31. kalo mo beli emas,..ya di toko emas,..tp biasanya kandungan emasnya kurang bisa diketahui, jadi kalo yg lbih baik ya di tempat pembuatan emas langsung,..tp itu tidak mungkin bukan,…masuk aja di pasar bursa,..ato kalo ga,..di bank’ besar,..biasanya sudah menyediakan penjualan berupa koin emas,..yang kandungan serta keaslian emasnya sudah dapat diketahui,..

  32. Kalo beli emas 24karat ditoko apa didaerah surabaya

  33. buy acnezine says:

    Maksud saya beli emasnya dimana kalo di Surabaya

  34. trus bagaimana caranya saya dapat membeli emas batangan tersebut, s, tidak dapat membeli langsung ke PT.Logam Mulia – divisi penjualan emas PT.Antam Tbk, mohon penjelasannya ??? Terima Kasih

  35. Yang ingin saya tanyakan : Apabila saya ingin menjual emas yang saya beli di PT. ANTAM, apakah nilai jual yang saya dapatkan akan lebih besar dari harga pada saat saya beli ? Dan apakah bisa dijual ditempat lain atau hanya di PT. ANTAM saja saya menjualnya?

    Terimakasih.

  36. bos dimana saya cari cabang pt atam dimedan

  37. informasi yg sangat bermanfaat bagi pemula seperti sy yg ingin berinvestsi emas.

  38. harga saham says:

    bgaimana caranya membeli emas dari PT ANTAM ?

  39. dimana beli emas batangan atau alamatnya ?

  40. sangat ngetop info yg kami dapat ini. terima kasih

  41. untuk mendapatkan sertifikat LM apakah dapat diperoleh jika membeli emas batangan seberat 10 gr, atau ada ketentuan minimal berat emas untuk mendapatkan sertifikat..terimakasih

  42. klo di bandung sy bs mencari emas batangan atw koin emas d mn pak?

  43. Dimana sy bs jual Platinium batangan? Setifikat lengkap. Bagi yg th hub : 087877000220, 081218811520 (Andry).

  44. kalau mau jual kembali emas batangan tetapi tidak ada nota pembelian karena hadiah.. tapi sertifikat antam ada.. jual kemana ya baiknya takutnya kalau penjual yang di pasaran harganya rendah… Tks

  45. toko emas says:

    i wanna try…. :D

  46. bagaimana cara mengetahui asli dan tidaknya emas putih batangan bila tidak ada sertivicate nya? dan bagaimana cara mengetahui kadar kemurnian emas putih batangan tsb? sebenarnya mana yang lebih mahal antara emas batangan dengan emas putih batangan pada berat yang sama? mohon dibantu via sms atau telp ke 02195264658 / 082118492125. terimakasih banyak…….salam thomas lie.

  47. saya punya gigi emas, tapi tiap hari kena sikat.apa kadarnya berkurang?

  48. Wah jadi bahan ladang investasi kalau memiliki banyak emas batangan,,,,, terima kasih gan atas sarannya,,,,

  49. vitamin otak says:

    kalau di Antam biasax susah belinya, apalagi klw di sulsel. Pertanyaannya?apakah di toko mas juga menyediakan emas murni yg standarx sama dengan PT. Antam

  50. vitabrain says:

    makasih atas saran nya,,
    klo mau belajar investasi ,, gmn ???

Leave a Reply